OUTDOOR ACTIVITY KELAS 7 RSBI 2012

Sabtu, 24 November 2012 16:58:03 - oleh : admin
Rating: 4.9/10 (16 votes cast)
Share |

Selasa, 20 November 2012. SMPN 1 Bangil memberikan siswa kelas 7 RSBI, kegiatan diluar sekolah, dikenal dengan sebutan OutSchool. Kegiatan ini bertujuan, untuk memberikan suasana baru dalam belajar. Selama hampir 1 semester belajar di sekolah, maka kegiatan OutSchool ini diharapankan mampu memberikan penyegaran pada siswa. Disamping mendukung materi yang diajarkan di sekolah, terutama dalam memahami dan melestarikan lingkungan sekitar.


smpn 1 bangil


Kegiatan OutSchool ini dibukan oleh Bapak Wakil Kepala Sekolah, Hasan Suryadi, MP.d. Dalam kesempatan ini, beliau memberikan pengarahan kepada siswa, agar benar - benar memanfaatkan kegiatan ini sebaik - baiknya. Hasil dari pengamatan yang mereka lakukan nantinya, akan dipresentasikan di depan wali murid pada akhir semester. Mereka tidak hanya refreshing, lebih dari itu membuat karya ilmiah, sebagai sarat dalam mendukung nilai untuk kenaikan kelas.


smpn 1 bangil


Di PPLH ( Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup ) Seloliman, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok dipandu oleh seorang pemandu profesional. Pemandu itulah yang memberikan wawasan tentang pelestarian lingkungan kepada siswa. Salah satu materi yang diberikan adalah 4R yaitu : Reduce, Reus, Recycle, Repair. Reduce : mengurangi penggunaan bahan yang merusak lingkungan, Reus : Pemakain kembali, Recycle : mendaur ulang, Repair : upaya perbaikan kerusakan lingkungan 


smpn 1 bangil


Sambil mendengarkan dan menyimak penjelasan dari pemandu, siswa juga mencatat berbagai hal baru yang mereka temukan. Ada berbagai macam tanaman langka yang siswa temukan dan itu menjadi bahan presentasi nantinya. Misalnya berbagai macam TOGA ( Tanaman Obat Keluarga ) ada juga tanaman langka seperti, Markisa.


smpn 1 bangil


Pengamatan langsung juga dilakukan siswa, dimana selama ini siswa hanya mengetahui teori dari buku dan penjelasan dari Guru. Di PPLH ini mereka bisa langsung berinteraksi dengan obyek yang mereka amati dan pelajari. Tentunya berinteraksi langsung lebih menyenangkan, itu terlihat dari siswa yang begitu aktif dalam menanyakan hal baru yang belum mereka temui sebelumnya.


smpn 1 bangil


Siswa belajar membuat kerajinan tangan dari bahan alami yang ramah lingkungan. Dikatakan ramah lingkungan, karena bahan yang dibakai berasal dari bahan daur ulang dan bahan yang alami. Selain membuat siswa menjadi kreatif, kerajinan tangani ini juga bernilai ekonomis. Tentu saja hal tersebut juga mendukung Program Ekonomi Kreatif yang sedang digiatkan oleh SMPN 1 Bangil.


smpn 1 bangil


Siswa belajar membuat Lubang Bipori, dengan sistem bipori tanah akan menjadi subur, mencegah banjir, meningkatkan kualitas air. Lubang bipori menjadi alternatif bagi banyak masalah lingkungan yang sering terjadi akhir - akhir ini. Musibah banjir, kekurangan air, tumbuhan yang sulit tumbuh bisa diatasi dengan membuat Lubang Bipori.


Menjelajah hutan yang alami, memperkuat interkasi dengan alam. Menyehatkan tubuh, menyadarkar siswa bahwa alam harus tetap dijaga kelestarianya.


smpn 1 bangil

kirim ke teman | versi cetak




Share |

 Berita "Berita Terbaru" Lainnya

Logo