PASURUAN CARNIVAL 2014

Sabtu, 18 Oktober 2014 13:05:07 - oleh : admin
Rating: 5.7/10 (9 votes cast)
Share |

Seorang bapak tua mengendalikan dokarnya masuk ke kantor Dinas Perhutani. Dokar yang dia bawa ini tidak biasa. Keretanya penuh hiasan seperti mau membawa sepasang pengantin baru. Sekumpulan anak berpakaain seragam berwarna merah langsung menyerbu dokar hias itu untuk berfoto foto, bahasa anak gaul sekarang selfie. Anak - anak dengan seragam merah itu tak lain adalah siswa SMP Negeri 1 Bangil dari tim karawitan yang mengikuti Pasuruan Carnival 2014 yang diselenggarakan pada 27 September.


smpn1bangil


Suasana meriah sudah terlihat di Dinas Perhutani Pasuruan dimana peserta dari Kecamatan Bangil berkumpul. Tema yang dibawakan oleh Bangil adalah Lagenda Bajol Kroman. Konon ceritanya Bajol Kroman adalah siluman yang hidupnya di sungai dan sesekali juga hidup berdampingan bersama manusia. Ketika berubah wujud menjadi manusia ada salah satu ciri fisiknya yg tidak sama dengan manusia biasa.


Menurut keterangan sesepuh Bangil, gejala alam yang menunjukkan kemunculan bajol kroman adalah ketika ada hujan yang lebat dan lama berhentinya. Sepanjang jalan yang dilalui oleh Bajol Kroman yang sudah dibuat replikanya oleh tim kreatif dari, menarik bagi banyak penonton. 


smpn1bangil


Mulut buaya yang menganga menelan seorang manusia. Dengan dramatisasi manusia dalam mulut buaya itu mengerakkan tubuhnya yang sudah penuh darah. Manusia itu terus memberontak sambil gerakan minta tolong dengan diiringi musik gamelan dan aroma dupa suasana makin terasa dramatis.


smpn1bangil


Paling depan barisan karnaval dari Kecamatan Bangil didisi oleh tim kreatif yang menggunakan bahan daur ulang sebagai kostumnya. Ini meruapakn salah satu bentuk kepedulian Bangil dalam menjaga lingkungan. Limbah yang seaakan tidak berguna dan tidak mempunyai nilai ekonomis ternyata dengan kreatifitas disain bisa memiliki nilai guna dan estetika tersendiri.


smpn1bangil


Para penonton sepanjang jalan sangkin tertariknya dengan karnaval dari Bangil banyak yang ingin berfoto bersama. Para pesertapun dengan ramah bersedia melayani permintaan foto yang sepertinya akan langsung diupload di media sosial. Tidak ketinggalah Tim Karawitan SMPN 1 Bangil tidak bisa berhenti sedikitpun untuk memainkan alat musiknya karena penonton selalu minta gamelan tersebut untuk dimainkan terus dimainkan mengiringi mereka berjoget.


smpn1bangil


Pasuruan Carnival 2014 kali ini cukup meriah baik dari peserta maupun dari segi penonton. Kegiatan seperti ini sebaiknya diadakan secara teratur tiap tahunnya karena akan menguntungkan dari segi Budaya, Pariwisata dan Ekonomi. Semoga Kabupaten Pasuruan makin maju dalam segala bidang. Amin


smpn1bangil

kirim ke teman | versi cetak




Share |

 Berita "Berita Terbaru" Lainnya

Logo