Hasil Karya Siswa kelas 9

Sabtu, 10 Oktober 2015 07:14:05 - oleh : admin
Rating: 2.0/10 (31 votes cast)
Share |

smpn1bangil


Dalam semester ganjil siswa kelas 9 membuat karya rekayasa dalam bentuk rangkaian lampu listrik sederhana. Siswa sangat antusias dalam merakit lampu - kabel - stop kontak dan steker. Siswa sebelumnya dikenalkan dengan berbagai sumber arus listrik. Ada arus listrik Direct Current dan Alternating Current ( AC ).


smpn1bangil


Dalam semester ini siswa kelas 9 mengggunakan arus listrik AC untuk menyalakan lampu. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok.  Setiap individu menjalankan tugasnya masing - masing. Siswa merangkai lampu sedangkan para siswi membuat denah dari karton sebagai tempat diletakkannya lampu.


smpn1bangil


Hasil karya siswa diluar dugaan dan jauh melampaui harapan. Karya mereka lebih baik dari yang sudah dicontohkan di buku paket Prakarya Kurikulum 2013, cetakan Kemendikbud. Dalam praktek yang dicontohkan pengajar prakarya kelas 9 siswa hanya diberi cara menyambungkan lampu lombok dengan fitting lamp melalui kabel dan steker.


smpn1bangil


Siswa ternyata mampu mengembangkan idenya sendiri. Beberapa kelompok  bahkan menambahkan sakelar sebagai penghubung dan pemutus arus listrik. Ada juga kelompok yang menggunakan rangkain seri jadi hanya menggunakan satu steker untuk 4 lampu. Dapat disimpulkan bahwa ketika siswa diberi kebebasan untuk berkreasi maka hasilnya bisa sangat membanggakan. 


smpn1bangil


Dalam bentuk denah sebagai tempat diletakkan lampu. Siswa menunjukan kreatifitasnya. Dalam buku prakarya hanya dicontohkan dengan denah sederhanan dari karton bekas minuman mineral yang digambar dengan spidol.


smpn1bangil


Dalam prakteknya siswa membuat berbagai bentuk bangunan yang variatif. Ada yang membuat taman bermain, alun - alun kota, kedai minuman dan makanan, museum satwa, rumah modern ada juga yang membuat miniatur lingkungan adat di papua.


smpn1bangil


Setelah semua karya selesai dibuat siswa berhasil mempresentasikan hasil karyanya di depan teman - teman sekelas. Mereka menjelaskan tentang tema karya yang telah dibuatnya. Dengan detail menyebutkan bahan dan alat yang digunakan. Siswa yang menyimak presentasi juga antusias melihat karya temannya beberapa diantaranya menanyakan detail teknik pembuatan masing - masing karya.


smpn1bangil

kirim ke teman | versi cetak




Share |

 Berita "Berita Terbaru" Lainnya

Logo