Sejarah SMP Negeri 1 Bangil
Share |

SEJARAH SMP NEGERI 1 BANGIL

 

sukarno dan smpn1bangil

 

SEJARAH Pada mulanya SMPN 1 Bangil bertempat di Penjara Bangil. Selama  dua tahun, yakni pada tahun 1950 sampai 1952. Suatu ketika Presiden Pertama Indonesia yaitu  Soekarno sedang berpidato di depan Stasiun Bangil. Sudah menjadi hal biasa jika Pidato Sang Proklamator selalu dinantikan dan dihadiri rakyat Indoensia yang mencintai beliau.

Guru bersama pelajar SMP Negeri 1 Bangil juga mendatangi acara pidato tersebut, sambil menyerukan "Kami dipenjara", "Guru dan murid dipenjara" Mendengar hal tersebut Bapak Presiden bingung, lalu memanggil salah satu yang menyeruhkan kalimat  tersebut.

Dari penjelasan salah satu peserta, akhirnya mengertilah apa yang dimaksud. Bapak Presiden langsung menginstruksi secara lisan, dengan mengatakan "Bangun sekolah di seberang jalan itu". Sambutan dari Bapak Presiden disambut dengan kegembiraan dan rasa syukur kehadirat Allah SWT oleh guru dan siswa SMP Negeri 1 Bangil.

Setelah instruksi Bapak Presiden maka dibangunlah gedung SMP Negeri 1 Bangil sampai sekarang ini. SMPN 1 Bangil sudah berganti pimpinan sebanyak 18 orang. Dari tiap-tiap pimpinan mempunyai karakter yang berbeda namun semua itu punya kelebihan masing - masing untuk kemajuan lembaga.

 

 

 

 

 

 

 

 

Footer SMA Pawyatan Daha Kediri


Share |
Logo