OutSchool Siswa Kelas 9, Pulau Bali

Minggu, 27 Januari 2013 00:57:33 - oleh : admin
Rating: 4.8/10 (20 votes cast)
Share |

Di akhir tahun siswa kelas 9 SMPN 1 Bangil melakukan Study Tour. Tujuan Study Tour tahun ini ke Bali. Bali merupakan tujuan utama wisata di Indonesia. Segala hal terkait wisata telah terbangun dengan baik. Begitu besarnya investasi asing masuk untuk membangun segala infrastruktur Pulau Dewata ini, menjadikan pulau ini nyaman untuk dikunjungi. Tentunya lokasi tepat untuk melakukan pembelajaran di bidang budaya, seni,  keindahan alamnya dan investasi asing dalam membangunan Bali sebagi tempat wisata yang telah mendunia.


smpn 1 bangil


Siswa sampai di penginapan Grand Villas Bali menjelang pagi. Penginapan tergolong cukup mewah terletak di jalan Dewi Sartika, 1 BB Tuban, Bali. Seperti tidak mengenal lelah, mereka tidak langsung istirahat tapi langsung mandi di kolam renang, salah satu fasilitas yang disedikan oleh Grand Villa Bali bagi para tamunya. 


smpn 1 bangil


Hari pertama siswa berkunjung ke Museum Pasifika. Dalam perjalanan di dalam bis dipandu oleh seorang pemandu. Tentu saja pemandu asli orang Bali, jadi tahu benar seluk beluk pulau Bali. Siswa tidak merasakan kebosanan selama berada dalam bis, karena informasi yang diberikan pemandu menambah pengetahuan dan wawasan mereka tentang Bali.


smpn 1 bangil


Di Museum Pasifika siswa mulai menjalankan tugasnya. Bangunan yang didirikan tahun 2006 oleh Moetaryanto dan Philippe Augire dinamakan Pasifika, karena diambil dari kata Pasifik dan Asia. Banyak peninggalan sejarah dari zaman kuno, begitupun karya seni juga dipamerkan di museum ini. Banyak juga lukisan - lukisan oleh seniman Indonesia seperti, Raden Saleh, Affandi, Hendra Gunawan, Ida Bagus Njoma Rai dll. 


smpn1bangil


Museum ini memberi bagitu banyak inspirasi bagi siswa. Seaakan membawa mereka berpetualang keliling Asia dan Pasifik. Siswa juga menjadi tahu bahwa zaman dahulu masing - masing negara Asean banyak memiliki persamaan, hampir di segala aspek kehidupan. seperti ada perempuan yang mengenakan batik dari Malaysia dan kondisi sebuah pasar di Singapura.


smpn1bangil


Salah satu tempat yang dikunjungi dalam Study Tour kali ini, Bali Classic Center (BCC). Terletak di kawan Ubud Gianyar, juga merupakan salah satu tempat shooting film Julia Robert, Eat Pray Love. Dengan alamnya yang masih begitu asri BCC menjadi tempat yang nyaman untuk belajar Kesenian dan Kebudayaan, utamanya Seni dan Budaya Bali.  


smpn1bangil


Sesampainya di BCC rombongan dari SMPN 1 Bangil langsung disambut oleh tarian dengan diiringi alat musik khas Bali. Ada momen begitu menarik ketika seorang Tunanetra memainkan alat musik pukul dari Bambu, sejenis dengan kulintang. BCC dengan luas 5 hektar seaakan sudah mewakili keindahan Bali, maka pantaslah tempat ini disebut Bali Mini.


smpn1bangil


Segala jenis tarian dipertontonkan disini, seperti tari Pedet, tari Topeng, Tari Barong, dan masih banyak yang lainya. 


smpn 1 bangil


Seorang narasumber dari BCC sedang diwawancari oleh siswa. Kegiatan ini sangat penting bagi mereka, sebagai bahan untuk menyusun karya ilmiah, nantinya akan dipresentasikan di hadapan walimurid. Sebagai bukti keseriusan mereka belajar di SMPN 1 Bangil.


tari bali


Salah satu tari yang ditampilan di Bali Classic Center. Di akhir acara para penari juga mengajak penonton untuk menari bersama.


smpn 1 bangil


Rombongan disambut oleh wanita yang berpakain khas Bali, sebelum memasuki aula seperti joglo. Di aula, rombongan SMPN 1 Bangil mendapatkan penjelasan tentang budaya dan adat istiadat Bali.


smpn 1 bangil


Ke Bali rasanya tidak lengkap jika tidak pergi ke pantai, ini salah satu momen Sunset yang tertangkap kamera :)

kirim ke teman | versi cetak




Share |

 Berita "Berita Terbaru" Lainnya

Logo