Perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke-69

Minggu, 24 Agustus 2014 09:35:22 - oleh : admin
Rating: 5.2/10 (13 votes cast)
Share |

Seorang siswa dengan seragam olah raga membawa tali rafia. Didampingi pengurus OSIS dia membentangkan tali itu sepanjang lapangan basket. Para siswa hari Senin 18 Agustus, sibuk untuk mempersiapkan lomba dalam rangka HUT RI ke 69. Jam sudah menunjukkan pukul 9 panas radiasi matahari mulai kurang bersahabat tidak menyurutkan mereka punya semangat, masih tetap semangat 45.




smpn1bangil



Acara memeriahkan HUT RI ke 69 sengaja dilakukan sehari setelah tanggal 17 Agustus, karena bertepatan dengan hari kelahiran Republik Indonesia itu tidak semua siswa bisa berkumpul dan merayakan bersama di sekolah. Mereka dibagi dalam mengikuti upacara hari kemerdekaan, sebagian di sekolah sebagian yang lain di alun - alun bangil.




smpn1bangil



Siswa berlarian kegirangan ditengah lapangan basket dan sesakali mereka tersandung oleh tali rafiah yang sudah dibentangkan untuk jalur lomba bakiak panjang. Lomba bakiak sebenarnya permainan tradisional anak-anak di Sumatera Barat. Anak-anak dari Sumatera Barat yang dilahirkan hingga pertengahan tahun 1970-an, sering dan biasa memainkan bakiak atau terompah panjang ini.Lomba bakiak panjang  mendapat banyak perhatian, teriakan gembira siswa SMPN 1 Bangil saling bersahutan untuk mendukung kelasnya masing - masing




smpn1bangil



Dihalaman belakang sekolah, seorang siswa terseret seret oleh tali yang ditarik oleh lawannya, siswa kelas 7 yang berseragam olah raga warna hijau itu masih saja memegangi tambang tidak mau menyerah sebelum juri memutuskan timnya sudah dinyatakan kalah. Begitulah harusnya sifat bangsa Indonesia yang tidak akan menyerah sebelum tidak darah penghabisan.




smpn1bangil



Lantai 2 sekolah adalah Lokasi paling strategis untuk melihat kesuluruhan lomba dan pertandingan. Di aula lantai 2 juga diselenggarakan lomba paduan suara, kali ini seragam olah raga ditanggalkan diganti seragam putih - putih agar terlihat anggun dan serasi ketika tampil untuk menarik perhatian juri.




smpn1bangil



Makin siang ternyata lomba tarik tambang menjadi paling menarik perhatian untuk tetap berada di sekolah. Tarik tambang  tidak lagi dihalaman belakang sudah dipindahkan ke lapangan basket. Mungkin karena 2 lomba yang sebelumnya berada disitu yaitu balap kelereng dan bakiak panjang telah menyelesaikan seluruh acaranya. Laga final tarik tambang berjalan cukup ketat. Para pendukung tiap kelas tidak cukup dengan mendukung dari jauh. Mereka mendekati peserta hingga tidak jelas antara suporter dan pemain.



smpn1bangil



Hari itu dimana lomba dan pertandingan untuk memperingati hari kemerdekaan RI diselenggarakan. Tidak penting lagi siapa pemenangnya. Keceriaan dan kegembiraan bersama adalah kemenangan tersendiri. Menang dari keinginan untuk menang sendiri. Seperti kata mbah mbah kita dulu Menang tanpa Ngasorake memiliki arti bahwa tujuan pencapaian kita yang kita harapkan, kemenangan yang kita inginkan, haruslah  tanpa merendahkan orang lain. Merdeka !!!    



smpn1bangil




kirim ke teman | versi cetak




Share |

 Berita "Berita Terbaru" Lainnya

Logo