Outdoor Activity to Bali 2015

Senin, 15 Februari 2016 00:30:09 - oleh : admin
Rating: 2.8/10 (32 votes cast)
Share |

Kelas IX siswa SMPN 1 Bangil pada akhir tahun mengadakan Outdoor Activity ke Bali. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melakukan penelitian terhadap pelestarian budaya yang masih cukup kuat di Pulau Dewata. Tempat pertama yang dikunjugi adalah Tanah Lot.


smpn1bangil


Pura Tanah Lot meruapakan pura untuk memuja Dewa Laut. Saat kegiatan outdoor activity kali ini. Air laut sedang pasang. Sehingga tidak memungkinkan untuk menyebarang ke arah Pura Tanah Lot. Pengunjung hanya bisa melihat di sekitaran Pura. Tempat paling pas untuk view Pura Tanah Lot adalah dari atas. Sebelum tangga turun pengunjung belok ke arah kanan dengan jalanan yang sedikit menanjak. Dari sana pemandangan Pura Tanah Lot terlihat indah. Di posisi itu juga akan telihat Pura Batu Bolong.


smpn1bangil


Dihari yang sama dari Tanah Lot perjalanan dilanjutkan menuju Bedugul. Dimana di Danau Beratan terdapat Pura Ulun Danu Baratan. Keindahan Pura di tengah danau ini sampai di gambarkan dalam uang pecahan 50 ribu rupiah. Hampi setiap hari acara keagamaan dilaksanakan di pura ini. Tak terkecuali ketika kegiatan outdoor activity kali ini. Banyak Umat Hindu yang melakukan sembayang di Pura Ulun Danu Baratan.


smpn1bangil


Tidak hanya menikmati kedindahan pura. Pengunjung juga bisa merasakan serunya naik boat untuk berkeliling disekitaran danau. Tour Guide dalam outdoor activity juga menuturkan untuk mengukur ke dalam cinta seseorang bisa dites dengan menceburkan diri ke dalam danau baratan. Tentu saja itu bukan saran yang serius hehehe.


smpn1bangil


Hari ke-2 kegiatan outdoor activity diisi dengan kunjungan ke Pura Besakih di daerah Karangasem. Saat kami kunjungi kondisi dalam keadaan mendung. Dari parkiran bis menuju lokasi pura kurang lebih berjarak 1 Km. Butuh waktu hampir setengah jam dengan jalan kaki. Rasa lelah setelah berjalan dibayar dengan melihat keindahan Pura yang terlihat besar dan punya nilai seni yang tinggi.


smpn1bangil


Pura Besakih merupakaan salah satu pura terbesar di Bali dan dianggap pura induk di Bali. Untuk masuk pura utama pengunjung harus menaiki tangga yang lumayan tinggi. Saat dikunjungi oleh siswa pura utama tidak boleh dimasuki karena sedang ada kegiatan sembayang. Beberapa dari siswa beruntung bisa masuk ke dalam pura utama disebabkan oleh hujan yang tiba - tiba turun turun dengan deras. Sehingga mereka mendapatkan keistimewaan dengan berteduh di dalam area pura utama.



Dalam keadaan hujan yang masih turun. Bis rombongan meninggalkan Pura Besakih menuju Desa Adat Penglipuran. Desa adat ini sudah 2 tahun berturut - turut menjadi salah satu destinasi dalam outdoor activity. Bunga - bunga warna warni bermekaran disekitar rumah adat penduduk. Dengan didampingi oleh Tour Guide. Siswa berkeliling dan mendapatkan kesempatan untuk bersosialisi dengan penduduk desa penglipuran.


smpn1bangil


Penduduk desa selalu menyambut tamu yang datang dengan ramah. Hampir setiap hari mereka kedatangan tamu. Terlebih di musim liburan tentu saja tamu yang datang akan semakin ramai. Mereka selalu menjawab dengan sabar setiap pertanyaan yang diajukan siswa. Pertanyaan sekitar mengenai asal usul desa adat ini dan cara pelesatariannya hingga bisa bertahan di zaman yang sudah modern.


smpn1bangil


Kegiatan hari kedua ditutup dengan menyaksikan tari kecak. Tari ini bercerita tentang kisah Ramayana. Istri Rama yang bernama Sinta diculik oleh seorang raksasa bernama Rahwana. Rama dengan adiknya Laksmana bersama - sama dengan bantuan Hanuman menyelamatkan Sinta dari sekapan Rahwana. Pergelaran tari ini dikelilingi oleh laki - laki yang dalam setiap adegan selalu membunyikan suara cak cak cak. Mungkin dari suara itu maka tari ini dinamakan tari kecak. 


smpn1bangil


Dihari terakhir kegiatan lebih bersifat rekreatif. Siswa diajak ke pantai - pantai di Bali yang sudah terkenal keindahannya. Tujuan pertama adalah Pantai Pandawa. Nama pantai diberikan berdasarkan patung - patung Pandawa yang dibuat di bukit kapur yang menjadi jalan masuk menuju pantai. Dengan ombaknya yang tenang siswa bisa bermain di sekitaran pantai. Destinasi kedua adalah Tanjung Benoa. Disini lebih banyak permainan yang bisa dilakukan, seperti Banana Boat, Speed Boat, bahkan naik perahu menuju pulau penyu. Ombaknya yang tenang cuaca yang mendung juga mendukung untuk bermain pasir dan air.

kirim ke teman | versi cetak




Share |

 Berita "Berita Terbaru" Lainnya

Logo