Outdoor Activity to Borobudur

Senin, 15 Februari 2016 17:40:25 - oleh : admin
Rating: 4.1/10 (11 votes cast)
Share |

Hari Sabtu dini hari. Tepat tanggal 13 Febuarai 2016 sekitar pukul 4. Bis rombongan siswa SMPN 1 Bangil kelas VIII program tiba di Magelang untuk transit. Tempat transit dimanfaatkan siswa serta guru pendamping untuk mandi, sholat dan makan pagi. Matahari mulai menampakan diri dengan berkas - berkas cahayanya. Membantu menerangi wajah - wajah peserta outdoor activity yang sedang selfie. Penampakan matahari juga sebagai bertanda perjalanan dilanjutkan ke lokasi pertama kegiatan outdoor activity ini, Candi Borobudur. 


smpn1bangil


Perjalanan hanya membutuhkan waktu 15 menit dari tempat transit ke lokasi parkir Candi Borobudur. Rombongan siswa berbaris teratur setelah mendapatkan tiket masuk. Tiket masuk berupa kartu elektronik yang hanya bisa digunakan satu kali pada pintu masuk.


smpn1bangil


Di dalam area Candi Borobudur siswa sudah disambut oleh Tour Guide. Mereka bertugas menjelaskan tentang bangunan Candi yang juga merupakan tempat beribadah bagi umat budha itu.


smpn1bangil


GAPURA TEMPAT PINTU MASUK MENUJU CANDI BOROBUDUR


SMPN1BANGIL


Siswa mendapatkan pembekalan sebelum masuk Candi Borobudur. 


smpn1bangil


Melalui pemandu wisata yang sudah berpengalaman. Siswa mendapatkan wawasan tentang relief yang terdapat di Candi Borobudur. Batu yang dipahat di bagian paling bawah dari bangunan candi adalah Kamadhatu. Menggambarkan tentang nafsu manusia. Dimana manusia melakukan perbuatan - perbuatan buruk.


smpn1bangil


Relief Candi Borobudur juga menceritakan tentang riwayat Budha. Relief ini dinamakan Lalitavistara. Budha lahir dengan nama Sidharta dengan Ibunya yang bernama Ratu Maya.


smpn1bangil


Terjadi diskusi antara pemandu borobudur dengan guru pembimbing. Beliau menanyakan kepada pemandu apa benar Borodubur bukan peninggalan agama Budha seperti yang menjadi sejarah mainstream saat ini. Ada penelitian baru yang mengungkapkan bahwa Borobudur merupakan peninggalan Nabi Sulaiman seperti dituliskan oleh Prof. Fahmi Basya. Dengan 40 bukti serta argumentasinya. 


smpn1bangil


Siswa Program IPS bersama Guru Pembimbing foto bersama setelah melakukan penelitian di Candi Borobudur


smpn1bangil


Siswa kelas Program Bahasa melakukan wawancara dengan turis dari Jepang.

kirim ke teman | versi cetak




Share |

 Berita "Berita Terbaru" Lainnya

Logo