Siswa kelas 7 Program belajar di Lapan dan Trowulan

Selasa, 7 Februari 2017 20:04:05 - oleh : admin
Rating: 3.1/10 (7 votes cast)
Share |

smpn1bangil


Suara tolelot Bis Pariwisata berbunyi. Siswa bersorak gembira dan kegembiraan akan menemani mereka dari awal perjalanan sampai ke tempat tujuan. Hari selasa, dipenghujung Januari 2017 siswa kelas 7 Program. Dengan 4 bus pariwisata menuju  ke Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional. Lapan terletak di Watukosek, Gempol, Kabupaten Pasuruan. Siswa akan diajak melihat secara langsung dan mendepatkan penjelasan dari para ahlinya berkaitan dengan roket dan tata surya. Video kegiatan siswa bisa liat disini


smpn1bangil


Para siswa juga mengikut secara aktif dengan menanyakan hal yang berkaitan dengan roket dan antariksa. Pihak Lapan juga memberikan hadiah bagi siswa yang bisa menjawab atau mengajukan pertanyaan.


smpn1bangil


Lembar kerja yang telah dipersiapkan dari sekolah dilengkapi siswa dengan jawaban yang disampaikan oleh narasumber dari Lapan. Menjadi bekal bagi para siswa untuk membuat laporan kegiatan. Di akhir semestar laporan kegiatan kunjungan akan dipresentasikan didepan walisiswa.


smpn1bangil


Satu jam dari Lapan ada situs sejarah pada zaman Majapahit. Kerajaan yang pernah menjadi yang terbesar dan terhebat di Nusantara.  Situ Majapahit terletak di Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Candi Brahu menjadi lokasi pertama yang dikunjungi siswa. Diantara candi yang berada di Trowulan. Candi Brahu dinyatakan oleh para peneliti merupakan candi paling tua. Dibangun sekitar 939 Masehi atas perintah Mpu Sindok


smpn1bangil


Dengan didamping oleh pemandu siswa mendapatkan penjelasan tentang keberadaan Candi Brahu. Mulai dari awal ditemukan bangunan Candi. Penelurusan sejarah, proses pemugaran, fungsi candi dan hal - hal yang berkaitan dengan Candi Brahu.



Belajar sejarah terasa berbeda ketika langsung berhadapan dengan objeknya. Pengalaman yang akan didapatkan siswa akan lebih terasa. Siswa tidak hanya melihat gambar yang terpasang di buku. Dengan langsung berkunjung ke obyek yang bersangkutan diharapkan materi yang diajarkan lebih mudah diterima siswa.


smpn1bangil


Tidak jauh dari Candi Brahu. Siswa mengunjungi Patung Budha Tidur. Pada setiap rumah di sekitaran rumah siswa bisa melihat simbol Kerajaan Majapahit terpajang di dinding pagar rumah warga. Kesan berada di zaman Majapahit makin terasa dengan adanya rumah warga yang sebagian besar didisain layaknya bangunan di masa Majapahit.


smpn1bangil


Diharapkan dengan kunjungan ke situs peninggalan Majapahit. Para siswa bisa mengetahui kebesaran karya bangsa sendiri di masa yang lampau. Kedepannya menjadi titik tolak untuk lebih percaya pada kemampuan bangsa sendiri. 

kirim ke teman | versi cetak




Share |

 Berita "Berita Terbaru" Lainnya

Logo