Kunjugan Siswa Kelas 8 Program di PLTA Lodoyo

Rabu, 8 Februari 2017 20:01:15 - oleh : admin
Rating: 4.2/10 (6 votes cast)
Share |

smpn1bangil


Blitar menjelang siang masih tertutup awan. Hujan rintik - rintik menyambut  kedatangan siswa di Kecamatan Lodoyo. Kegiatan outschool kali ini diikuti oleh siswa kelas 8 Program. Hari Kamis di awal bulan Febuari 2017 siswa mendapatkan tugas untuk meneliti kegiatan di PLTA ( Pembangkit Listrik Tenaga Air ) Lodoyo.


SMPN1bangil


PLTA Lodoyo tepatnya berada di Dusun Serut Desa Gogodeso Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar. PLTA Lodoyo memanfaatkan melimpahnya air dari aliran sungai berantas. Debit Sungai Brantas selalu memenuhi untuk bisa menggerakkan turbin sebagai mesin yang menghidupkan generator.


smpn1bangil


Kelebihan dari PLTA adalah hemat energi, sumber energinya terbaharui dan bebas polusi. PLTA Lodoyo mampu memberikan listrik untuk 4 Kabupaten. Dikhususkan untuk kebutuhan listrik rumah tangga.



Di dalam ruang pertemuan. Dijelaskan kepada siswa bagimana pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dalam memenuhi kebutuhan energi. Terutama PLTA membutuhkan air yang sumbernya berasal dari sungai. Semakin banyak pohon ditebang maka sumber air yang mengalir ke sungai semakin berkurang dan bisa mengancam pemenuhan energi listrik. 


smpn1bangil


Kebersihan lingkungan juga perlu dijaga. Terutama tidak membuang sampah ke sungai. Seperti terlihat dalam gambar. Sebuah jaring terpasang dengan tujuan mencegah sampah masuk ke dalam pintu air yang mengarah ke turbin. Kondisi air sungai kotor dengan sampah akan menganggu perputran turbin. Gangguan pada putaran turbin akan sangat mempengaruhi kinerja generator yang berfungsi sebagai penghasil energi listrik.


smpn1bangil


Siswa kemudian diajak untuk berkeliling melihat pusat pengendali PLTA Lodoyo. Di dalam ruangan ini pembagian energi listrik dikendalikan. Siswa juga diperlihatkan beberapa tombol penting sesuai dengan fungsinya masing - masing. Diharapkan dengan berkunjug ke PLTA Lodoyo ini siswa mendapatkan wawasan lebih tentang energi listrik. Khusus energi listrik dengan sumber daya yang terbaharui dan bebas polusi.


smpn1bangil


Sebelum masuk ke ruang Pembangkit Listrik sempat foto dengan menggunakan helm proyek. Karena di dalam ruang pembangkit yang terletak di bawah tanah dan penuh rahasia tidak boleh mengambil gambar. 


 

kirim ke teman | versi cetak




Share |

 Berita "Berita Terbaru" Lainnya

Logo