PERINGATAN HARI JADI PASURUAN KE-1090

Hari Rabu pagi siswa – siswi mengenakan seragam almamater. Di bulan September tepat tanggal 18 mereka berkumpul di lapangan untuk melaksanakan apel. Memperingati hari jadi Kabupaten Pasuran ke 1090.

hari jadi pasuruan ke-1090
pasuruan gumuyu
tim paskib smpn 1 bangil

Tim Paskib berkumpul di markas besarnya. Melakukan koordisi demi kelancaran acara. Susunan acara dibacakan dan setiap petugas melakukan persiapan. Di lapangan guru dan siswa telah berbaris rapi. Hanya beberapa barisan perlu dikondisikan demi ketertiban apel.

Bendera Merah Putih telah berkibar di tiang bendera. Apel siap dimulai. Pemimpin Apel dalam memperingati Hari Jadi Kebupaten Pasuruan adalah Pradhita Wahyuningtyas siswi kelas 9A.

hari jadi pasuruan ke-1090
pasuruan gumuyu
pemimpin apel

Mengenakan seragam kebesaran pasukan pengibar bendera SMP Negeri 1 Bangil. Dengan langkah tegap menuju ke tengah – tengah barisan siswa. Berhenti tepat sejajar dengan tiang bendera.

Narasi sejarah Pasuruan dibacakan oleh Dra. Siti Nurjanah, M.Pd. Sejarah Kabupaten Pasuruan bermula dari Peradaban Kerajaan Kalingga atau Ho Ling yang diperintah oleh  seorang Raja bernama Sima.

Pada Tahun 742 – 755 Masehi,  Ibu Kota Kerajaan Kalingga  dipindahkan  ke  wilayah timur oleh Raja Kiyen yaitu daerah  Po-Lu-Kia-Sien yang ditafsirkan Pulokerto. Salah satu nama desa di wilayah Kecamatan Kraton Kabupaten Pasoeroean.

hari jadi pasuruan ke-1090
pasuruan gumuyu

Dalam prasasti yang terletak di Dusun Sukci, Desa Bulusari, Kecamatan Gempol yang menyebutkan Mpu Sindok memerintahkan agar rakyat Cungrang yang termasuk wilayah bawang, dibawah langsung Wahuta Tungkal untuk menjadi sima (tanah perdikan).

Substansi dalam prasasti ini dikonfersikan oleh Balai Arkeologi Yogyakarta dengan Hari Jum’at Pahing, tanggal 18 September 929 Masehi. Itulah yang menjadi dasar penetapan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan

hari jadi pasuruan ke-1090
pasuruan gumuyu

Pembina Apel Dra. Nurul Choironi, M.Pd tiba setelah pembacaan sejarah Pasuruan. Beliau membacakan sambutan Bupati Pasuruan. Hari Jadi Pasuruan kali ini mengambil tema

“DENGAN SEMANGAT HARI JADI KABUPATEN PASURUAN KE 1090 KITA TINGKATKAN KUALITAS KELUARGA DAN PENDIDIKAN KARAKTER
DALAM RANGKA MEWUJUDKAN KABUPATEN PASURUAN YANG SEJAHTERA, MASLAHAT DAN BERDAYA SAING”

Beliau juga berpesan untuk mewujudkan itu. Peningkatan kualitas keluarga dan pendidikan karakter tidak bisa dilakukan oleh pemerintah saja tetapi peran serta masyarakat khususnya lingkup terkecil yakni lingkungan keluarga sangat strategis untuk melakukan hal tersebut.

Peningkatan kualitas sumberdaya manusia dimulai dari keluarga, jadikan lingkungan keluarga sebagai madrasah pertama untuk mendidik dan membangun karakter sumberdaya manusia di kabupaten pasuruan.

hari jadi pasuruan ke-1090
pasuruan gumuyu

Apel ditutup dengan bersama – sama menyanyikan lagu Pasuruan Gumuyu. Lagu Ciptaan Bupati Pasuruan, H.Irsyad Yusuf, SE, MMA

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: