STUDY COMPARATIVE DI SMPN 3 TUBAN

Comparative Study adalah penelitian yang dilakukan dengan cara membandingkan persamaan dan perbedaan sebagai fenomena untuk mencari faktor atau situasi yang menyebabkan perbedaan atau persamaan tersebut.

SMP Negeri 1 Bangil berangkat menuju SMP Negeri 3 Tuban untuk melakukan Comparative Study atau studi banding. Kamis, 19 Septermber, Mini Bus KAHIRA SMP Negeri 1 Bangil siap sejak jam 6 pagi. Untuk mengantar Kepala Sekolah, guru dan staf TU.

Perjalanan sekitar 4 jam setengah dari SMP Negeri 1 Bangil sampai di SMP Negeri 3 Tuban. Langsung disambut siswa – siswi bersama guru di halaman sekolah.

Sambutan ramah dan nuansa keagamaan sangat terasa. Di aula kedatangan disambut dengan sholawat. Sesuai Visi Misi SMP Negeri 3 Tuban yang Unggul, Relegius, Peduli dan Berbudaya Lingkungan.

Keungguan ini dibentuk dengan pembiasaan pagi. Sesuai sambutan Kepala Sekolah SMPN 3 Tuban, Drs. Mat Saroni. Bahwa pembiasaan pagi berbasis Pendidikan Agama Islam. Kegiatan pembiasaan pagi ini meliputi sholat Dhuha, membaca Al-Qur’an, dan sholawat.

Kepala Sekolah SMPN 1 Bangil, Bapak Muhamad Syafi’i sebelumnya sudah pernah berkunjung ke SMPN 3 Tuban bersama Guru PAI seKabupaten Pasuruan. Begitu terkesanya sehingga beliau kembali datang untuk meniru hal – hal terkait pembentukan karakter siswa yang ramah dan relegius.

Dengan didampingi Rohis ( Pokja Keagamaan ) Kepala Sekolah, Guru dan Komite SMP1 Bangil dibimbing menuju Masjid untuk berjamaah melaksanakan sholat Dzuhur. Selepasnya meninjau buku siswa yang diletakkan di Masjid Sekolah.

Buku siswa ini menjadi catatan bagi siswa dalam melaksanakan pembiasaan pagi. Siswa menkontrol sendiri kegiatannya dan mengkoreksi diri.

Sambil didampingi oleh Pokja masing – masing. Mengunjungi ruang Kelas, UKS, BK, lapangan olah raga, Perpustakaan, kantin, kebun budidaya tanaman sayur.

Setiap Pokja memberikan penjelasan dengan detail tentang bidang yang menjadi tugasnya. Semisal Pokja Kantin menjelaskan tata cara dalam membeli makanan dan minuman. Dari proses antri menukarkan uang dengan kupon sampai memesan makanan dan minuman.

Sebagai penutup Study Comparative, Dra. Karti Tuhu Utami, M.Pd memberikan pesan dan kesannya. Beliau sangat terkesan dengan keramahan dan kereligusan siswa – siswi SMPN 3 Tuban.

Bagi beliau apa yang dilakukan SMPN 3 Tuban, sangat membumi dan seharusnya bisa dilakukan oleh setiap sekolah. Tentu saja dengan kerja sama para stakeholder dari Kepala Sekolah, Guru, Siswa, Wali Murid dan seluruh pihak terkait.

Beliau berharap bisa meniru apa yang sudah dilakukan SMPN 3 Tuban. Seperti dicontohkan dalam pembiasaan pagi dan menekankan pendidikan agama sebagai pondasi dalam mencapai prestasi.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: